Wednesday, February 20, 2008

artikel maret-juni

Posted By: karkun1976 - February 20, 2008

Share

& Comment

Kemana Selepas SMK



Ketika edisi ini terbit; mungkin kelas XII yang sekarang sedang berkutat denagn ujian demi ujian telah meninggalkan almamater tercinta ini. Sehingga BISIS edisi bulan ini tidak sempat mereka pegang apalagi membacanya.BISIS edisi bulan ini akan menjadi mereka yang sekarang ini duduk di tingkat X, dan XI.
Masa edisi BISIS bulan Maret -Juni adalah masa-masa mereka yang duduk di tingkat XI; lebih-lebih mereka yang sekarang ini duduk di tingkat XII masa-masa akhir, mulai bertanya dalam benak mereka :"Mau kemana saay selepas lulus SMK?". Sebuah pertanyaan yang tentunya mengusik benak mereka ketika masuk semester ganjil dari tingkat XII. Jawaban dari pertanyaan itu pastilah bermacam-macam antara satu siswa dan siswa lainnya.
Ada yang sudah jauh-jauh hari, mereka mulai memilih dan mencari kampus idaman; melalui BP/BK, brosur, info dari alumni yang sekarang duduk di bangku kuliah atau bahkan dari hasil browsing mereka melalui internet.Mereka inilah siswa-siswa yang memiliki semangat belajar dan mendapat dukungan finansial dari orang tua.Tapi, bagi mereka yang kondisi finansial orang tuanya kurang mendukung, biasanya mereka akan segera mencari pekerjaan sebagai pilihan utama; untuk kemudian dijadikan sarana untuk menggapai cita di kampus idaman. Meskipun ada juga dari mereka yang karena kesadaran dan keyakinan agama mereka kuat, ada yang memilih "Ibu rumah tangga" menajdi karier mereka yang mereka idamkan; tentunya bagi siswi. Mereka yang memahami bahwa tuga ibu rumah tangga adalah mulia di sisi Allah, yakni menyiapkan generasi mendatang yang lebih berkualitas baik keyakinan moral maupun ketrampilan, tentunya dengan sadar memilih karier sebagai ibu rumah tangga di rumah sebagai alternatif utama dan satu-satunya; meskipun semangat akan belajar dan dukungan finansial ada.
Namun bagi mereka yang semangat belajarnya lemah, pekerjaan akan menjadi alternatif utama. Kadang mereka mencari pekerjaan atau menciptakan lapangan pekerjaan buat mereka sendiri maupun sampai dinikmati oleh orang lain. Bekal ketrampilan yang mereka perolah di SMK tentunya sedikit banyak akan membantu mereka dalam mencari atau menciptakan lapangan pekerjaan.
Terlepas dari berbagai pilihan di atas,yang terpenting bagi lulusan SMK adalah mereka bisa mengaplikasikan ilmu, pendidikan dan ketrampilan yang mereka peroleh selama tiga tahun di tengah masyarakat; berguna di dunia yang sementara ini dan di akhirat yang ada awal tapi tak ada akhirnya.



SELAMAT MENGGAPAI CITA DAN ASA, WAHAI KAKAK-KAKAKU!

About karkun1976

Organic Theme. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 comments:

Copyright © Bunga Impian Semusim

Designed by Templatezy